Selasa, 19 Februari 2013

Cerpen

Kumpulan Cerpen adalah sebuah kependekan dari kumpulan cerita pendek. Cerita pendek adalah sebuah cerita naratif fiktif yang dikarang oleh seseorang. Cerita tersebut bisa diinspirasi dari kisah nyata, atau bahkan hanya alur imajinasi sang penulis saja. Jenis-jenis cerpen banyak sekali dari mulai cerpen cinta, keagamaan, renungan sampai cerita anak atau lebih enak disebut dongeng. Jika anda hobi atau mengenal tentang dunia penulisan, tentu anda akan mengenal para cerpenis-cerpenis terkenal yang mampu menyajikan cerita pendek sekeren mungkin. Biasanya penulis-penulis cerita pendek, menulis karena rasa ketagihan mereka yang ingin menumpahkan rasa, inspirasi dan imajinasi mereka terhadap sebuah tulisan.

Jenis-jenis Kumpulan Cerpen :

Banyak sekali kumpulan cerpen yang dapat kita temui di sekitar kita. Tapi, kita kadang tidak tahu jenis dari kumpulan cerita pendek tersebut. Banyak sekali jenis-jenis cerpen, mulai dari cerpen cinta, remaja, narasi, iktif dan ada juga jenis cerpen yang diilhami dari kisah nyata.

Dalam mengarang sebuah cerita pendek, kita sedikitnya harus menentukan alur ceritanya dulu sebelum cerita tersebut ditulis. Bagaimana tidak, kita harus mampu memposisikan diri sebagai pembaca dan tanyakan pada diri kita sendiri, apakah kita mampu memahami apa yang dimaksudkan dalam cerita tersebut. Jika tidak demikian, percuma saja kita menulis cerpen sedangkan orang yang membaca tidak mengerti sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar