Rabu, 05 Oktober 2011

Kelebihan dan Kekurangan Youtube

YouTube merupakan salah satu penyedia layanan video terbesar saat ini, YouTube juga media untuk upload secara gratis. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis, YouTube juga sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel, Umumnya video-video di YouTube adalah klip video klip, Acara TV, Film serta video buatan para penggunanya sendiri. Dan perlu di ingat, video yang ditampilkan pada umumnya hanya untuk dilihat melalui browser, tidak untuk di download dan dilihat secara offline.

Namun pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar, mungkin karena Youtube merupakan situs yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia, dan pasti ini sangant menguntungkan bagi Google. Karena terlalu bisa di akses dan mengakses terlalu bebas, di beberapa negara seperti cina dan turki, oleh pihak berkuasa, facilitas YouTube tidak bisa diakses. Upload bebas video dengan YouTube kadang bisa menimbulkan akibat fatal ketika kita lupa upload atau tidak sengaja terupload.

Dan inilah kelebihan dan kekurangan menggunakan Youtube:

Kelebihannya :
  • bisa melihat dan mengupload video yang kita suka
  • sebagai ajang promosi diri
  • bisa mendownload setiap video
  • bisa belajar streaming, banyak video bermanfaat
  • ukurannya ada yang HD, bisa di download
  • videonya banyak

kekurangannya :
  • bisa disalahgunakan penggunanya
  • banyak informasi yang menyesatkan
  • banyak negara yang memblok Youtube
  • Karena terlalu bebas upload jadi banyak video yang tidak berguna atau video pornografi yang terupload
  • gambarnya tersendat sendat
  • banyak video dengan kualitas buruk
  • tidak cocok untuk slow conection
  • tidak bias download secara langsung

Tips merawat rambut……!!!

  • smooth

1. Makan Makanan Bergizi
Makanan yang anda konsumsi juga berpengaruh pada kesehatan rambut. Selain buat tubuh, mengkonsumsi makanan lengkap gizi juga akan membantu rambut anda sehat. Sayuran dan buah-buahan oke banget untuk rambut anda. Misalnya untuk kerontokan rambut anda bisa memperbanyak konsumsi protein yang terkandung dalam tahu atau susu kedelai. Kalau mau yang lebih asyik bisa diselingi sama keju-low fat, telur, ikan, kacang-kacangan, atau yogurt. Anemia ternyata juga mempengaruhi kerontokan rambut, karenanya pilih makanan yang banyak mengandung zat besi seperti hati sapi, daging, sereal, kurma, atau kismis.
2. Cuci Rambut
Mencuci rambut minimal 2X seminggu adalah perawatan dasar untuk rambut sehat. Kalau aktivitas anda berlebih, anda perlu mencuci rambutmu lebih sering. Tapi jangan terlalu sering ya, karena keseringan mencuci rambut bisa menghilangkan kelembaban alami rambut. Bisa-bisa rambut anda makin rusak deh. Memilih shampo juga bagian penting dari mencuci rambut. Sampo yang mengandung kelapa cocok untuk rambut kering, sampo yang mengandung jojoba bisa bikin rambut mudah diatur, sedangkan sampo yang mengandung Lemon dipercaya bikin rambut anda makin mengkilat. Nah, buat yang ingin memanjangkan rambut atau menghilangkan ketombe, bisa pilih sampo yang mengandung ekstrak apel. Oh iya, jangan lupa juga pijat-pijat ringan kepala anda. Sentuhan seperti ini bisa bikin peredaran darah di kepala makin lancar. Hasilnya, anda juga jadi segar!
3. Vitamin Rambut
Jangan lupa pakai vitamin rambut. Kandungan pada shampo biasanya belum mencukupi kebutuhan vitamin untuk rambut jadi nggak ada salahnya kalau anda menambahkan vitamin atau nutrisi khusus untuk rambut. Vitamin yang berbentuk seperti mutiara dan berisi cairan bisa anda dapetin di supermarket or salon terdekat. Bingung milih yang mana? Well, jangan malu bertanya yah!
4. Hindari Bahan Kimia
Cuma karena pingin ikutan trend, kadang kita nggak memperhatikan kalau pemakaian obat kimia bisa berdampak kurang baik buat rambut. Obat keriting, pelurus ataupun pewarna rambut hampir pasti mengandung bahan kimia yang bisa menjadikan rambut rusak bila tidak dirawat dengan baik. Itu artinya, ketika memutuskan untuk memakai salah satu bahan tersebut, anda harus menyediakan waktu dan dana ekstra untuk perawatan rambut seperti creambath atau hair spa. Itu semua biar rambut anda nggak rusak karena pemakaian obat kimia. Perawatan semacam ini bisa anda konsultasikan kepada si penata rambut ketika anda memutuskan untuk mengecat atau meluruskan rambut.
5. Perawatan Rambut
Perawatan seperti hair spa dan creambath nggak harus dilakuin di salon. Creambath sendiri di rumah juga asyik banget. Caranya gampang, pergi ke supermaket terdekat cari obat Creambath yang sesuai dengan kebutuhan (misalnya: untuk rambut kering, berminyak, atau berketombe). Petunjuk pemakaian biasanya tertera di bungkus obat creambath yang anda beli. Mau lebih asyik lagi? Ajak teman-teman dekat anda dan putar lagu kesayangan. Creambath sambil ngerumpi bareng temen diiringi musik favorit pastinya lebih seru daripada di salon kan?
6. Potong Ujung Rambut
Kalau anda berniat memanjangkan rambut, jangan lupa untuk selalu memotong ujung rambut sebulan sekali. Memotong ujungnya bisa mencegah rambut bercabang dan yang pasti bakalan lebih cepet panjang kan?!
Perlu diingat tips ini nggak hanya buat cewek aja lho. Cowok-cowok yang care sama kesehatan rambut pastinya juga cocok untuk melakukan beberapa ritual diatas tadi!

PENYEBAB MIMISAN | CARA MENGATASI MIMISAN PADA ANAK


Hal yang wajar apabila terjadi panik ketika melihat darah mengalir dari hidung sang buah hati tercinta. Namun, akan lebih baik bila segera bertindak untuk mengobati mimisan ini. Bila perlu, cari tahu apa penyebab mimisan pada anak guna memperkecil risiko si kecil mengalaminya lagi.

BEBERAPA PENYEBAB MIMISAN PADA ANAK
Penyakit mimisan atau lebih bisa disebut mimisan bisa dialami oleh siapa saja, meskipun lebih sering terjadi pada anak-anak. Perlu diketahui, bahwa di bagian dalam depan rongga hidung kita ada kumpulan pembuluh darah. Nah, pada anak, kumpulan pembuluh darah ini biasanya lebih rentan pecah, dan menimbulkan perdarahan. Biasanya, pembuluh darah serta sel lendir pada rongga hidung anak tersebut akan lebih kuat setelah ia lulus sekolah dasar.

Penyebab mimisan:
1. Benturan pada hidung, misalnya karena anak terjatuh atau hidungnya terpukul.
2. Kebiasaan mengorek hidung yang berlebihan, misalnya karena gatal, atau anak berusaha mengeluarkan kerak hidung yang mengering.
3. Hidung kemasukan benda asing, seperti biji-bijian, atau benda kecil lain yang menimbulkan infeksi dan terjadinya perdarahan (biasanya ditandai dengan terciumnya bau busuk dari lubang hidungnya).
4. Perubahan cuaca, misalnya dari bermain di bawah terik matahari lalu masuk ke dalam rumah ber-AC, atau menghadapi perubahan tekanan udara.
5. Penyakit infeksi, terutama yang disertai demam tinggi secara mendadak, seperti demam berdarah.
6. Penyakit darah, seperti leukemia (kanker darah) dan hemofilia (darah tidak bisa membeku).

CARA MENGATASI MIMISAN PADA ANAK
Mimisan digolongkan menjadi 2, ringan dan berat. Mimisan ringan apabila sumber perdarahan adalah dari bagian depan rongga hidung. Sementara mimisan yang berat terjadi bila sumbernya dari dalam atau belakang rongga hidung. Mimisan jenis ini harus lebih diwaspadai dan dicari tahu apa penyebabnya.

Sekitar 90% kasus mimisan pada anak tergolong ringan, dan dapat diatasi sendiri di rumah. Jadi, begitu anak mimisan, lakukanlah segera tindakan berikut:

1. Minta anak duduk bersandar dengan kepala sedikit menunduk ke depan, agar darah tidak mengalir ke bagian belakang (darah yang tertelan dapat merangsang timbulnya batuk atau rasa mual sehingga anak muntah).
2. Kalau keadannya terlalu lemah, baringkan dengan meletakkan bantal di punggunggnya.
3. Jepit kedua cuping hidung dengan jari tangan selama sekitar 5 menit. Sementara itu mintalah anak untuk bernapas melalui mulut.
4. Bersihkan darah yang mengotori wajahnya.
5. Kompres dingin pada batang hidung juga bisa membantu menghentikan perdarahan.
6. Bila perdarahan belum juga berhenti, sumbat hidungnya dengan kain kasa atau sapu tangan yang bersih, lalu bawa anak segera ke dokter. Selama dalam perjalanan, usahakan agar anak selalu dalam posisi duduk menyandar.

Satu hal yang perlu diingat dalam melakukan pertolongan adalah bersikap tenang. Kepanikan hanya akan membuat tindakan Anda jadi tidak rasional dan merugikan si kecil.

Apabila setelah 10 menit perdarahan masih berlanjut, dan disertai panas, sebaiknya segera bawa anak ke dokter. Karena, bisa jadi ini merupakan indikasi suatu penyakit serius, seperti demam berdarah, tumor ganas pada rongga hidung, kanker darah, atau haemofilia.

Dokter akan mencari sumber perdarahan dengan bantuan alat pengisap untuk membersihkan hidung dari bekuan darah. Kemudian, hidung 'disumbat' tampon khusus untuk hidung selama 3-5 menit. Dengan cara ini dapat diketahui apakah sumber perdarahan dari depan atau belakang rongga hidung. Pada kasus-kasus tertentu diperlukan pemeriksaan laboratorium dan/atau radiologi.

Semoga informasi mengenai beberapa penyebab mimisan pada anak dan cara mengatasi mimisan diatas dapat membantu :)

Aplikasi Kebijakan Sekolah Gratis Terhadap Pelaksanaanya Dalam Sistem Pendidikan Nasional

Siapa sangka tahun ini pemerintah membuat suatu kebijakan yang begitu menggemparkan telinga seluruh rakyat Indonesia. Kebijakan tersebut berisikan tentang dibebaskannya biaya sekolah atau yang lebih populernya yaitu “Sekolah Gratis”. Begitu banyak informasi atau slogan-slogan yang wara-wiri di berbagai media baik media elektronik maupun media massa. Tak lupa Mentri Pendidikan kita Bapak Bambang Sudibyo dan oleh para aktris ibukota, mereka seakan tak mau ketinggalan dengan informasi yang mampu menyedot perhatian seluruh rakyat Indonesia. Namun apakah kali ini pada aplikasinya akan berhasil atau justru sebaliknya kebijakan pemerintah tersebut hanya akan menambah daptar panjang kegagal kebijakan pemerintah?. Tetapi sebagai pewaris bangsa, kita harus siap ikut mewujudkan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah tersebut.

Kebijakan yang baru-baru ini telah ditetapkan oleh pemerintah pusat, mengenai pembebasan biaya sekolah di tingakat SD dan SMP baik negeri maupun swasta. Hal tersebut bertujuan untuk mewujudkan program kerja pemerintah yang selalu menjadi PR dari tahun ketahun, Selain dari itu juga dalam rangka meningkatkan SDM yang berkualitas dan mampu berkompetisi dalam kancah nasional maupun internasional. Dalam menetapkan kebijakan tersebut pemerintah tidak serta merta asal dalam menetapkan kebijakan tersebut. Pastinya pemerintah mengambil keputusan tersebut dengan penuh pertimbangan dan pemikiran yang cukup matang demi mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia yaitu yang tercantum dalam UUD 1945 yang berbunyi, “ Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia”. Cita-cita tersebut dapat tercapai apabila pemerintah dan seluruh masyarakat mampu bekerjasama demi mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia.

A. Kebijakan sekolah gratis memberikan dampak positif dan negatif bagi tercapainya cita-cita national
Sebuah keputusan atu kebijakan lahir dari sebuah pemikiran panjang dan penuh pertimbangan. Sama halnya dengan kebijakan sekolah gratis. Peristiwa tersebut kedengarannya sangat biasa tetapi pada kenyatannya adalah sebuah peristiwa besar yang perlu kita kaji dan fikirkan bersama. Dimana peristiwa tersebut dapat mempengaruhi maju mundurnya suatu Negara. Karena program sekolah gratis tersebut dapat melahirkan para pewaris bangsa yang berkualitas maupun yang bobrok. Dibalik semua itu tergantung para pengolah ( pendidik) dalam mengelolanya dengan baik agar menghasilkan SDM yang berkualitas, bukannya SDM yang hanya mampu mencoreng nama baik bangsa saja.

Alhasil kebijakan sekolah gratis mampu memberikan dampak yang positif demi tercapainya cita-cita nasional, yang mana kebijakan tersebut dapat memberikan sedikit titik terang bagi dunia pendidikan yang selama ini sangat kurang sekali perhatiannya oleh pemerintah. Adapun dampak yang mampu ditimbulkan dari sekolah gratis ini, diantaranya :

a. Mampu memberikan peluang dan kesempatan bagi anak-anak yang kurang mampu untuk dapat mengenyam bangku pendidikan yang selama ini hanya ada dalam bayangan dan angan-angan mereka saja,
b. Mampu meningkatkan mutu pendidikan kedepannya ,
c. Mampu mengurangi tingkat kebodohan, pengangguran, dan kemiskinan,
d. Mampu menghasilkan SDM yang berkualitas,
e. Mampu mewujudkan cita-cita nasional bangsa Indonesia yaitu ikut mencerdaskan anak bangsa.
Dari sebuah keputusan yang besar seperti “Kebijakan Sekolah Gratis” tersebut selain mampu memberikan manfaat bagi seluruh rakyat Indonesia, juga dapat memberikan dampak negatif dari adanya penetapan kebijakan tersebut , diantaranya :
a. Dengan program sekolah gratis rakyat yang masih awam akan berfikiran bahwa mereka hanya cukup dengan menyekolahkan anak-anak mereka sampai tingkat SD atau SMP saja,
b. Biaya yang digratiskan hanyalah biaya administrasinya saja, sehingga menimbulkan peluang untuk terjadinya penyalahgunaan dari pihak-pihak sekolah yang tidak bertanggung jawab, misalnya mau tidak mau siswa dipaksa untuk membeli buku-buku pelajaran , LKS, dan biaya Bimbel yang akhirnya tetap tidak gratis juga,
c. Menimbulkan sebagian Peserta didik berlaku seenaknya dalam hal belajar ataupun pembiayaan.
d. Apabila sekolah membutuhkan dana untuk keperluan pengadaan peralatan yang mendadak akan keteteran.

B. Kebijakan sekolah gratis adakah perhatian terhadap kualitas / mutu pendidikan dan gurunya ,
Sebenarnya apabila pemerintah ingin benar-benar sukses dalam program kerja sekolah gratis ini, kunci utamanya yaitu terletak pada mutu gurunya terlebih dahulu yang harus ditingkatkan. Mengapa demikian, karena apabila para gurunya berkualitas, memiliki kompetensi, memiliki wawasan yang luas, memiliki skill yang menunjang, mampu menguasai keterampila-keterampilan khusus dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan, siap mengabdi dan ditempatkan dimanapun di wilayah yang ada di Indonesia. Insya allah program kerja tersebut dapat terlaksana dengan lancer. Pemerintah tak perlu khawatir lagi dengan kurangnya jumlah pendidik (guru) di seluruh wilayah Indonesia dan asumsi tentang kurang kompetennya seorang pendidik dalam menghasilkan peserta didik yang berkualitas yang. Hal tersebut akan jadi cerita lama bila para pendidik meiliki apa yang telah disebutkan diatas.

Akibat dari kurangnya jumlah tenaga pendidik di Indonesia yang terbatas dan kurang kompetennya seorang pendidik, mampu memuculkan kendala-kendala yang dapat menghambat berjalannya program sekolah gratis tersebut. Adapun didalam mencapai keberhasilan kebijakan tersebut, terdapat beberapa kendala yang harus dihadapi oleh pemerintah diantaranya yaitu :

1. Kurangnya dana untuk pendidikan,
Menurut Sekjen Pendidikan Depdiknas Bapak Didi Nandika, bahwa pada tahun 2010 diperkirakan Departemen Pendidikan Nasional akan mengurangi jumlah anggaran pendidikan sekitar Rp 4 triliun. Akan tetapi Depdiknas menjamin tidak akan memotong dana untuk program pemerintah yaitu Wajar Sembilan tahun dan dana kesejahteraan pendidik. Seperti yang diinformasikan, anggaran pendidikan tahun depan ditargetkan Rp 195,63 triliun atau berkurang Rp 11,7 triliun dibandingkan dengan anggaran tahun 2009 yang mencapai Rp 207,41 triliun.

2. Kurangnya guru yang berkualitas,
Jumlah tenaga Guru yang ada di Indonesia sebenarnya masih kurang, terutama untuk di daerah pedalaman seperti di Maluku dan papua. Terutama jumlah guru yang berkualitas itu sangat terbatas sekali, kriteria guru yang berkualitas yaitu seorang guru memiliki syarat kualifikasi, salah satunya yaitu minimal lulusan S1 atau Diploma IV, dengan kompetensi sebagai agen pembelajaran yang meliputi kompetensi pedagogik, kepribadian, professional, dan social. Hal itu juga tidak cukup, tetapi guru itu memiliki loyalitas yang tinggi tehadap tugasnya sebagai seorang guru dan seorang pengabdi.

Pada kenyataannya system pengjaran yang digunakan oleh para guru dikita sudah tidak sesuai lagi dengan kultur dan kebudayaan kita. Seakan-akan kita telah kehilangan roh pendidikan yang sesuai dengan kultur dan kebudayaannegara kita. Seharusnya kita mampu bercermin pada system pengajaran di Jepang yang menggunakan dan menerapkan nilai-nilai kebudayaandan adat istiadat mereka dalam proses belajar mengajar yang diterpakan di setiap sekolah yang ada disana.

Roh pendidikan yang diterapkan dan dikembangkan di sekolah-sekolah di jepang diantaranya :
a. Penghormatan kepada guru merupakan cerminan kehidupan masyarakat Jepang,
b. Mereka tetap mengajarkan nilai-nilai bijak kepada orang lain, toleransi, dan saling sapa.

Dengan tetap mengajarkan dan mengembangkan nilai-nilai tersebut di sekolah-sekolah, mereka yakin akan sangat efektif bila melalui pendidikan. Oleh sebab itu jabatan seorang guru disana sangat dihormatidan di hargai sekali, sekalipun guru tersebut hanya seorang guru TK / SD.

Sebenarnya kita juga memiliki seorang motipator di bidang pendidikan, yaitu Ki Hajar Dewantar, beliau juga pernah mengatakan bahwa orangindonesia juga memiliki roh pendidikan. Hanya saja roh pendidikan di kita itu mengalami mati suri, adapun diantaranya yaitu :
a. Seorang guru dalam mengajar harus memiliki rasa kasih sayang ( Love affection),
b. Penuh dengan keikhlasan dalam mengajar ( Sincerely),
c. Memiliki kejujuran ( Honesty),
d. Memiliki nilai keagamaan (spiritual), dan
e. Mampu mengajar dalam keadaan atau suasana kekeluargaan ( Family atmosphere).


3. Kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang,
Dengan munculnya sekolah gratis apakah sarana dan prasarananya diperhatikan?
Berdasarkan letak geografis Indonesia yang begitu luas, otomatis pemerataan baik jumlah penduduk maupun pemerataan dana pengalokasian untuk pendidikan pun tidak merata. Tetapi hal itu adalah cerita lama, karena dengan adanya penetapan Otonomi daerah maka seharusnya pengalokasian dana untuk pendidikan harus merata. Akan tetapi justru malah sebaliknya, tidak ada perhatian sama sekali dari pemerintah daerah terhadap sekolah-sekolah yang ada dipelosok. Seperti realitanya yang terjadi di daerah garut, di desa Suka Mukti kecamatan Cilawu kabupaten Garut. Disana ternyata masih saja ada sebuah sekolah yang seperti kandang ayam, dan keadaannya sungguh memprihatinkan, kurang layak sekali untuk proses KBM. Dengan ruangan yang seadanya, kira-kira berukuran 3,5 x 3,5 m2 yang seharusnya luas ruangan yang layak untuk digunakan dalam proses KBM yaitu berukuran 7×7 m2.

Bangunan yang hampir ambruk tersebut ketinggiannya hanya sekitar 3 m saja. Langit-langit ruangan di ruangannya sudah rusak dan penuh dengan lubang, dan hanya ditopang oleh beberapa batang bambu. Bila musim penghujan datang dikhawatirkan bangunan sekolah tersebut akan roboh. Jumlah siswanya hanya sekitar 237 siswa, dengan jumlah tenaga pengajar sekitar 8 orang guru. Itupun yang telah diangkat menjadi PNS hanya 4 orang saja. Dan sisanya hanya Guru sukwan. Selain itu jalanan untuk menuju lokasi sekolah juga sudah rusak dan sangat tidak layak untuk dilalui. Apabila musim penghujan, jalanan tersebut menjadi licin dan penuh dengan lumpur. Kepala sekolah SD Sukamukti pernah beberapa kali mengajukan proposal, namun hingga saat ini belum juga ada realisasinya sama sekali.

4. Kurang keefektifan dan keefisienan dalam pendidikannya,
Pendidikan yang efektif yaitu suatu pendidikan yang memungkinakna peserta didik untuk dapat belajar dengan mudah, menyenangkan dan dapat tercapai tujuan sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan penelitian dan survei oleh para praktisi pendidikan, salah satu penyebab rendahnya efektifitas pendidikan di Indonesia adalah tidak adanya tujuan pendidikan yang jelas sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. Hal ini menyebabkan pbaik peserta didik maupun pendidiknya tidak tahu “ Goal” apa yang akan dihasilkan sehingga tidak mempunyai gambaran yang jelas dalam proses pendidikan. Terutama pendidikan sekolah gratis ini, katanya gratis tetati masih saja ada pungutan sepertiuntuk biaya bimbingan dalam menghadapi UASBN. Mau tidak mau para orang tua murid mengeluarkan dana yang cukup besar demi keberhasilan anak mereka dalam menghadapi UASBN.

Efisiensi adalah bagaimana menghasilkan efektifitas dari suatu tujuan dengan proses yang lebih “murah”. Dalamproses pendidikan akan jauh lebih baik jika memperhitungkan untukmemperoleh hasil yang baik tanpa melupakan proses yang baik pula. Dengan adanya sekolah gratis ini mudah-mudahan dapat mengatasi beberapa masalah efisiensi pengajaran di Indonesia, diantaranya yaitu mahalnya biaya pendidikan, waktu yang digunakan dalam proses pendidikan, mutu pengajar yang menyebabkan kurang efisiennya proses pendidikan di ndonesia. Yang juga sangat berpengaruh dalam peningkatan sumber daya manusia Indonesia yang lebih baik. Dengan adanya pembebasan biaya ditingkat sekolah dasar dan menengah pertama memang telah diberlakukan sejak tahun kemarin. Akan tetapi apakah peserta didik diperhatikan pula kebutuhan yang lainnya, seperti buku teks pelajaran, alat tulis, seragam dan lain sebagainya.

Selain itu masalah lain mengenai efisiensi pengajarn adalah mutu pengajar. Kurangnya mutu pendidik juga yang menyebabkan peserta didik kurang dapat mencapai hasil yang diharapkan dan akhirnya mengambil pendidikan tambahan yang juga membutuhkan biaya/ uang lebih. Menurut saya, bila dilihat dari kurangnya mutu pendidikan pendidik itu disebabkan oleh pendidikyang kurang memiliki kompetensi baik skill, knowledge, emosional, spiritual dan personal. Misalnya saja, seorang pendidik mempunyai kompetensi dasar pendidikan di bidang bahasa Indonesia, namun akibat dari keterbatasan bidang pekerjan yang seharusnya dia bekerja sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Tetapi pendidik tersebut malah mengajar ilmu ekonomi yang sebenarnya bukan bidangnya. Akibatnya pemahaman pendidik tersebut dalam memberikan pengajaran ekonomi sangat berbeda dengan pemahaman pendidik yang mengajar dengan menguasai kompetensi khusus yang dimilikinyadi bidang ekonomi. Sehingga akan terjadi ketidak sinkronan antara bidang kompetensi yang dikuasainya dengan pekerjaan yang dijalani oleh seorang pendidik tersebut. Menurut saya pemerintah harus dapat membentuk suatu badan penyalur tenaga pendidik, yang tugasnya yaitu :
a. Menempatkan pendidik di seluruh wilayah Indonesia setelah pendidik mendapatkan SK dari pemerintah pusat untuk mengajar (atau setelah diangkat menjadi PNS / pegawai negri sipil),
b. Memperhatikan kesejahteraannya,
c. Menempatkan pendidik pada pekerjaan yang sesuai dengan bidang garapan atau kompetensi khusus yang di kuasainya,
d. Mengarahkan dan memberi pelatihan kepada para pendidik yang kurang memiliki kompetensi dan keterampilan-keterampilan seperti pada pendidik yang telah menjadi PNS tetapi pendidikannya hanya sampai tingkat SMA,
e. Mengawasi kinerja pendidik setiap 1 buln sekali, sehingga dapat diketahui apakah kinerja pendidik tersebut semakin meningkat atau justru semakin menurun,
f. Juga perlu adanya tindakan yang cepat tangga dari pemerintah, untuk dapat memecahkan suatu permasalahan yang berhubungan dengan berbagai hal mengenai proses belajar mengajar, salah satunya cara pengajaran yang baik yang perlu dilakukan oleh pendidik.


5. Kurangnya penyempurnaan dan perbaikan kurikulum,
Sistem pendidikan yang baik sangat berpengaruh penting dalam meningkatkan efisiensi pendidikan di Indonesia. Namun sangat disayangkan, karena sistem pendidikan kita mudah berubah-ubah sehingga membingungkan pendidik dan peserta didik. Dalam beberapa tahun kebelakangan ini, beberapa kali mengganti kurikulum pendidikan kita. Diantaranya kita pernah menggunakan system pendidikan Kurikulum 1994, Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang mengubah proses pengajaran menjadi proses pendidikan aktif, dimana peserta didik dituntut agar lebih aktif lagi peranannya dalam proses belajar mengajar. Sehingga kurikulum baru seperti Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yaitu kurikulum operasional yang disusun dan dilaksanakan oleh masing-masing satuan pendidikan. Yang terdiri dari tujuan pendidikan tingkat satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum tingkat satuan pendidikan, kalender pendidikan dan silabus, (Prof. Dr H. Asep Sjamsulbachri, M.Pd:). Ketika penggantian kurikulum, kita juga mengganti cara pendidikan dan pengajar, dan pengajar secara otomatis harus diberi pelatihan terlebih dahulu yang juga menambah biaya / Cost pendidikan. Sehingga amat disayangkan jika terlalu sering mengganti kurikulum yang dianggap kurang efektif, bila langsung menggantinya dengan kurikulum yang dinilai lebih efektif.
Adapun definis kurikulum itu sendiri adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahanpelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Hal-hal yang penting untuk penyempurnaan dan perbaikan kurikulum, diantaranya :
a. Mengembangkan kurikulum yang adaptif atau kurikulum internasional
b. Mengintegrasikan life skill,
c. Mengakomodasikan perkembangan ilmu dan teknologi sesuai dengan kebutuhan peserta didik untuk hidup di dalam masyarakat,
d. Mengintegrasikan mata pelajaran umum dengan mata pelajaran khusus seperti Bahasa Inggris,
e. Kurikulum disusun dan di evaluasi berdasarkan hasil kajian.

Kurikulum yang diterapkan sekarang ini diharapkan dapat menyempurnakan kurikulum-kurikulum yang sebelumnya. Sebab setiap adanya pergantian dari kurikulum lama ke kurikulum yang baru, para pendidik (guru) dan peserta didik tidak benar-benar memahami dan menguasai bagaimana kurikulum tersebut di aplikasikan dalam proses belajar mengajar. Justru malah seperti yang sudah-sudah, para pendidik masih menggunakan cara atau metode lama dalam proses transpormasi ilmu kepada siswanya. Dimana guru lebih dominan atau lebih aktif dalam proses KBM-nya, dibandingkan dengan siswanya yang pasif. Sehingga peserta didik telah terbiasa belajar tidak mandiri, tidak mampu mengeksplor lingkungan yang ada di sekitarnya. Kata pepatah yang mengatakan bahwa guru yang paling baik adalah pengalaman yang diperoleh dan dirasakan atau pernah dialami langsung oleh peserta didik di lingkungan sekitarnya dalam proses pembelajarannya. Anak juga akan sulit untuk mempraktekkan teori-teori yang telah dipelajari. Selain itu para pengajar akan merasa kesulitan dalam proses pentranspormasian ilmu kepada peserta didik, dan akhirnya tetap menggunakan metode-metode yang terdapat dalam kurikulum terdahulu.


6. Kurangnya perhatian pemerintah terhadap masyarakat pedalaman,
Mungkin bila dikatakan tidak ada sama sekali perhatian dari pemerintah, hal itu tidaklah etis. Karena walau bagaimanapun sebenarnya baik pemerintah pusat maupun daerah telah bekerja keras agar seluruh rakyatnya dapat merasakan perhatian baik di bidang politik, ekonomi, social, budaya, kesehatan, terutama pendidikan, Oleh sebab itu dengan adanya OTDA (Otonomi Daerah) yang diatur oleh UU No. 32 tahun 2004 sebagai revisi UU No. 22 tahun1999 tentang pemerintah daerah yang sudah berjalan hampir tujuh tahun.
Adapun penyebab kurangnya perhatian dari pemerintah tersebut ialah :
a. Faktor geografis yang tidak memungkinkan,
b. Akibat dari kebijakan otonomi daerah,
c. Terputusnya sarana dan prasarana untuk berkomunikasi, sehingga sulit untuk berhubungan atau mencari informasi kepada masyarakat,

Alternatif pemecahannya diantara lain :
a. Pemerintah pusat seharusnya lebih fokus perhatiannya terhadap masyarakat pedalaman, terutama masyarakat yang masih teasing atau terbelakang atau primitif seperti masyarakat pedalaman yaitu Suku Anak Dalam, dan Suku Talang Mamak di Kalimantan, dan Suku dani di papua Papuan, Suku Dayak Badui di Banten, dll.

b. Adanya kunjungan kerja kedaerah-daerah terpencil, sehingga pemerintah pusat tahu ternyata masih ada rakyatnya yang tidak mendapatkan fasilitas yang layak seperti layanan sekolah gratis, kesehatan dan bahkan keadaan ekonomi mereka yang sangat memprihatinkan.

c. Dibentuknya tim penggerak pendidikan, seperti tim penilai pendidikan yang fungsinya sebagai tim penilai, pengontrol / pengawas, yang selalu memantau system pendidikan yang ada dan apakah telah berhasil dilaksanakan dengan baik atau masih kurang berkualitas di daerah tersebut. Sehingga tim ini bias langsung melaporkan ke pemerintah pusat, apabila ada penyelewengan yang kurang pantas dalam system pendidikan di pemerintahan daerahnya.

Kualitas pendidikan masyarakat pedalam memang sangat minim, hal itu dapat kita lihat dari pekerjaan yang mereka lakukan misalnya saja dengan mereka hanya menjadi seorang petani ladang atau nelayan yang miskin dan untuk mencukupi kebutuhannyapun tidak mencukupi, apalagi untuk menyekolahkan anak-anak mereka. Dengan adanya program pemerintah ini lumayan dapat membantu mereka dalam meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak mereka, agar kelak tidak sama nasibnya dengan orang tuanya yang hanya petani atau nelayan yang miskin dan tidak berpendidikan.

Memang pemerintah pusat telah memberikan pengarahan kepada setiap propinsi yang telah diberikan hak otonomi daerah kepada pemerintah daerah. Dimana pemerintah daerah berhak atas pengelolaan sumber daya alam dan sumberdaya manusia yang ada di daerahnya untuk dikelola dengan baik, dengan kreatif dan demi kemajuan, kesejahteraan masyarakatnya yamng merata. Berdasarkan UU No.2 tahun 1999 pemerintah daerah harus melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan pengelolaan pendidikan dasar dan menengah, baik bidang manajemen, anggaran, kurikulum, pengawasan, evaluasi, pembinaan karier guru, pengendalian kualitas, pendirian sekolah dan mengadakan perbaikan dan pemeliharaan sarana dan prasarana umum. Dengan otonomi daerah tersebut seharusnya para pejabat mampu mewujudkannyadenngan baik, tetapi pada kenyataannya tidak semua dapat diwujudkan seperti apa yang kita harapkan bersama. Seperti program sekolah gratis ditingkat sekolah dasar dan menengah yang dibebaskannya biaya operaisonal sekolah. Tetapi hal itu masih saja belum cukup karena walaupun biaya operasionalnya dibebaskan, mereka tetap saja ada yang tidak mampu untuk menyekolahkan anak-anak mereka. Biaya memang bebas tetapi kan mereka memerlukan buku-buku seperti lembar kerja siswa (LKS), seragam sekolah, uang transportasi (bagi yang jauh untuk mencapai lokasi sekolah), dan perlengkapan sekolah lainnya yang mau tidak mau merekapun tetap harus mengeluarkan uang untuk membelinya. Mending bagi anak yang bias dibilang dari keluarga yang berkecukupan, mereka masih mempunyai uang untuk membelinya. Tetapi apabila anak yang kurang mampu belum tentu mereka dapat membeli buku-buku dan perlengkapan sekolah yang lainnya. Jangan-jangan untuk membeli buku, seragam atau perlengkapan sekolah yang lain, untuk makan saja mereka susah bahkan tidak makan sama sekali.

Diharapkan kedepannya baik pemerintah daerah maupun pusat dapat mempertimbangkan kembali bila akan menentukan suatu kebijakan. Sehingga tidak ada seorangpun masyarakat yang dirugikan. Dan diharapkan bagi pihak-pihak pemda yang menyalahgunakan wewenangnya untuk dapat lebih perhatian kepada masyarakat pedalaman yang hingga kini mereka masih terasingkan dan terabaikan baik oleh pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Selain itu juga fasilitas sekolah yang kurang layak dan telah rusak diharapkan dapat di perbaiki, kualitas guru & kesejahteraannya dapat ditingkatkan, diadakannya pemerataan guru keseluruh daerah yang memang sangat membutuhkan para pendidik disekolah-sekolahnya yang masih kekurangan tenaga pendidiknya dan apabila ada pengajuan proposal perbaikan dari pihak kepala sekolah setempat kepada pihak Pemda diharapkanpemda setempat cepat tanggap dan jangan dipersulit. Sdm yang berkualitas tidak akan bertambah apabila segala sesuatu yang berhubungan dengan factor pendukungnya saja serba dipersulit. Bagaimana kita bias mengurangi tingkat kebodohan dan pengangguran, apabila pejabat-pejabat pemerintahnya hanya memikirkan isi perutnya saja, tanpa melihat masyarakat diselilingnya yang begitu menderita.


7. Kurangnya peran serta warga sekolah dan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan.
Untuk mewujudkan program kerjanya, pemerintah telah melakukan berbagai macam cara demi meningkatkan kualitas pendidikan di Negara kita. Hal itu tidak akan dapat terwujud bila seluruh masyarakat Indonesia dan pemerintah daerah tidak ikut berperan dalam penyelenggaraannya. Dengan kebijakan wajar 9 tahun yang melalui salah satu programnya yaitu sekolah gratis ini pemerintah berharap seluruh masyarakat khususnya yang kurang mampu memperoleh kesempatan bersekolah secara gratis tanpa di pungut sepeserpun.
Tetapi tidak semua masyarakat menganggap sekolah itu perlu dan mereka tetap tidak mau menyekolahkan anak-anaknya. Karena pemikiran mereka yang masih awam dan beranggapan bahwa “kenapa harus sekolah tinggi-tinggi nantinya juga hanya akan menganggur saja”, “untuk apa anak perempuan di sekolahkan kalau akhirnya kembali kedapur-dapur juga dan jadi ibu rumah tangga saja”. Mungkin dengan pemikiran-pemikiran yang kolot seperti itu, mereka tidak pernah berfikir bahwa di jaman globalisasi seperti ini sekolah itu sangat penting demi menciptakan SDM yang berkualitas.

Dalam rangka ikut membantu penyelenggaraan pendidikan nasional, perlu adanya hubungan organisasi, manajemen dan administrasi yang baik antara warga sekolah dengan masyarakat di sekitar sekolah. Dimana berdasarkan dari seminar pendidikan yang bertema (Prospek guru masa depan berdasarkan standar kompetensi guru dan sertifikasi guru dalam jabatan) bahwa organisasi kelembagaan sekolah mampu mengembangkan struktur organisasiyang dinamis, efektif, dan efisien sesuai dengan visi, misi, tujuan sekolah dalam mendukung keberhasilan pembelajaran siswa dan juga untuk membantu terrealisasinya program pemerintah mengenai sekolah gratis. Manajemen administrsi sekolah yang perlu dirumuskan adalah :
a. Merumuskan kebijakan dan penjaminan proses perencanaan, pelaksanan, dan pengendalian berbagai aspek manajemen dan administrasi sekolah dalam rangka mendukung keberhasilan pembelajaran siswa berbasis pada kurikulum tingkat satuan pendidikan,
b. Merumuskan program pengembangan profesionalisme guru dan staf sekolah,
c. Menyediakan dana melalui berbagai sumber pendanaan untuk mengembangkan sarana dan prasarana yang memadai dalam mendukung usaha peningkatan mutu siswa.

C. Tantangan yang dihadapi dunia pendidikan masa mendatang
Adapun tantangan yang harus dihadapi dalam dunia pendidikan di masa depan, diantaranya :
a. Globalisasi
Mutu pendidikan masa mendatang harus lebih di perhatikan lagi baik oleh pemerintah maupun oleh para pendidik yang terjun langsung dalam mentransfer ilmunya. Para pendidik juga harus ikut memikirkan kondisi dan kualitas pendidikan bangsa ini kedepannya. Perlu juga mencari parameter-parameter, agar sistem pendidikan bangsa ini tidak tertinggal jauh dengan system pendidikan dunia luar. Sesuai dengan UU 1945 pasal 31 ayat (4) “Negara memprioritaskan anggaran pendidikan sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan dan belanja Negara serta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah untuk memenuhi kebutuhan penyelenggaraan pendidikan nasional”

b. Krisis ekonomi,
Krisis global mempengaruhi kestabilan ekonomi. Isu tentang rencana penetapan kebijakan ekonomi neo liberal, dan ekonomi kerakyatan sangat di tentang oleh berbagai pihak, karena hal itu hanya akan menimbulkan utang sebesar Rp 390 triliun. Menurut Hendry saparini, pengusaha semakin kaya, karena mereka menikmati hasil dari sebagai makelar yang menjadi supplier produk-produk luar negri. Sedang para petani susu semakin miskin, karena tidak ada yang mau membeli susu yang dihasilkan oleh mereka, sehingga mereka kesulitan mencari nafkah di negri sendiri. Selain itu sebenarnya pemerintah menggunakan system eknomi kapitalis apakah liberalis, yang hanya dapat menyengsarakan rakyat saja.

c. Pergolakan politik,
Berkaitan dengan Pilpres pada tanggal 8 juni mendatang, siapapun yang nantinya menjadi presiden. Diharapkan program-program pendidikan yang telah dijalani sekarang dapat dilanjutkan, karena program sekolah gratis tersebut cukup membantu dalam mengurangi tingkat kebodohan , dan tingkat putus sekolah. Kita diharapkan seluruh rakyat Indonesia tidak salah pilih, kita perlu memperhatikan visi-misinya kedepan untuk melanjutkan program-program kerja yang baru berjalan setengah.

d. Sosial dan budaya
Akibat dari terkontaminasinya kebudayaan bangsa kita oleh kebudayaan barat, sehingga kebudayaan bangsa kita

e. Infrastruktur pendidikan
Harus lebih ditingkatkn lagi baik hukum maupun pendidikan

f. IPTEK
Sangat perlu karena Negara kita sudah jauh tertinggal dari Negara lain

SEA Games Diusulkan Ditunda



 

JAKARTA - Suara meminta pelaksanaan Sea Games 2011 agar ditunda mulai bergema dari gedung wakil rakyat. Wakil Ketua Komisi X Utut Adianto salah satu yang serius menyarankan agar pemerintah tidak lagi memaksakan penyelenggaraan even olahraga se-Asia Tenggara itu sesuai jadwal semula, yaitu 11-22 Nopember 2011.

Dia menyarankan agar pemerintah memundurkan jadwal pelaksanaan Sea Games setidaknya 3-4 bulan. "Ini alternatif terbaik dan paling rasional melihat kondisi obyektif terkini, khususnya kesiapan venue," tegas Utut Adianto, usai rapat kerja bersama Kemenpora, di komplek parlemen, Senayan, Jakarta, kemarin (5/10).

Berdasarkan pantauan pihaknya hingga beberapa hari terakhir, sejumlah venue untuk beberapa cabang olahraga masih belum siap. Diantaranya, kolam renang, stadion atletik, dan lapangan tembak. "Saya bicara seperti ini bukan untuk kepentingan politis, saya ini juga olahragawan, saya usul penundaan itu demi merah putih," tandas mantan pecatur tersebut.

Utut menambahkan, bahwa nama baik Indonesia di mata negara-negara lain menjadi taruhan jika pemerintah tetap memaksakan menyelenggarakan Sea Games sesuai jadwal. "Silahkan saja, tapi tentu kita harus siap malu dan menutup muka karena penyelenggaraan yang asal-asalan," imbuh anggota DPR asal PDI Perjuangan tersebut.

Dia menyatakan, sukses penyelenggaraan Sea Games tidak hanya cukup dijawab dengan pernyataan berulang-ulang pemerintah yang siap mempercepat pengerjaan venue. Sebab, menurut dia, persoalan penyiapan bukan semata-mata persoalan kesiapan menambah jumlah tenaga pekerja atau semacamnya. "Tapi, ada hal-hal teknis kontruksi atau lainnya yang itu tetap butuh waktu demi hasil maksimal," tandasnya.

Misalnya, sebut Utut, penyiapan kolam renang yang sesuai dengan standar internasional. "Yang seperti ini kan tidak bisa asal selesai, nanti kalau kolamnya ternyata bocor bukannya jadi ajang loncat indah, tapi malah jadi loncat maut," ujarnya, dengan mimik serius.

Selain penundaan, Utut sebanrnya juga memberikan alternatif lain. Yaitu, memindahkan cabang-cabang olahraga yang penyelenggaraan di daerahnya belum siap ke Jakarta. "Tapi, yang konkret ya tetap penundaan itu," imbuhnya.

Kemarin, rapat kerja komisi X dengan kemenpora yang dihadiri langsung Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng sebenarnya tidak mengagendakan secara khusus pembahasan soal kesiapan Sea Games. Agenda rapat adalah pembahasan Rencana Kerja dan Anggaran Kementrian dan Lembaga (RKA-KL) 2012 kemenpora. Namun, mengingat persoalan Sea Games yang sudah menjadi kekhawatiran banyak pihak, beberapa anggota dewan sempat menyinggung persoalan tersebut.    

Tidak semua anggota menyampaikan kritik dan kekhawatiran. Ada beberapa yang justru merespon positif persiapan Sea Games yang telah dilaksanakan selama ini. Misalnya, dari Ketua Komisi X Mahyuddin. Politisi Partai Demokrat tersebut menilai, pemerintah justru memuji pemerintah yang dianggapnya sudah optimal. "Melihat persiapan hari ini, kami yakin Sea Games akan bisa sukses," ujar Mahyuddin. 

Ditemui usai rapat, Menpora Andi Mallarangeng tetap menjamin pelaksanaan SEA Games 2011 akan berlangsung tepat waktu. "Semua sudah akan siap pada waktunya 11- 22 November ini, untuk pelaksanaan SEA Games 2011, baik yang di Palembang maupun di Jakarta," kata Andi Mallarangeng.

Permasalahan pembangunan arena pertandingan terutama di Palembang, menurut dia, sudah mencapai tahap penyelesaian. Hal itu berdasarkan laporan yang telah diterima pihaknya. "Menpora (yang) bertanggung jawab jika SEA Games gagal," tegas Andi, sambil berlalu.

Menurutnya, hingga saat ini persiapan sudah matang. Sarana dan prasarana sudah dipersiapkan dengan maksimal. "SEA Games siap dilaksanakan. Jakarta sudah siap, Palembang finishing, besok (hari ini, Red) saya akan melihat perkembangan lagi," imbuhnya.

Selain itu, Andi menyatakan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kementerian-kementerian terkait di bawah koordinasi Kementerian Koordinasi Kesejahteraan Masyarakat untuk lebih mematangkan persiapan pelaksanaan SEA Games. Misalnya, berhubungan dengan permasalahan kabut asap yang sempat menjadi masalah yang cukup mengkhawatirkan di sana. "Ada harapan dari BMKG bulan Oktober sudah musim hujan. Penanganan juga dilakukan di titik apinya. Saya bertanggung jawab penuh dan yakin jika SEA Games dapat diselenggarakan dengan baik. Sukses pelaksanaan,  sukses prestasi dan sukses dari sisi ekonomi," katanya.

Mantan juru bicara kepresidenan tersebut boleh sesumbar bahwa SEA Games bakal berjalan lancar. Namun, persiapan di lapangan tak semulus yang diucapkan Andi. Salah satunya ialah mengenai persiapan para atlet. Cabang angkat besi, misalnya. Kepala pelatih pelatnas angkat besi Sori Enda Nasution mengeluhkan tentang belum adanya kucuran peralatan maupun perlengkapan latihan bagi para lifter.

"Kami belum mendapatkan semua itu. Sepatu, ikat pinggang bahkan kaos latihan juga belum turun. Peratalan latihan yang kami ajukan juga ditolak. Terpaksa anak-anak latihan dengan peralatan dan perlengkapan yang lama," ucap Sori.

Lelaki yang karib disapa Ucok tersebut menambahkan, hal itu sangat mengganggu persiapan timnas angkat besi. Padahal, timnas dibebani target yang tak mudah, yakni merebut lima emas. Sayangnya, perhatian yang diberikan ternyata tak sebanding dengan pengorbanan para atlet maupun pelatih.

"Kami latihan pagi sore. Kalau ditanya jenuh, pasti semua juga jenuh. Tapi demi bangsa, kami semua tetap berlatih keras. Sayangnya perhatian yang diberikan tidaklah seimbang dengan pengorbanan anak-anak," imbuh Ucok. 

Keluhan Ucok juga seolah mementahkan pernyataan Menko Kesra Agung Laksono setelah Rakor di Kantor Kemenpora Jakarta Selasa malam (4/10) kemarin. Saat itu dia menyatakan bahwa semua hal seperti pencairan dana atau pengadaan peralatan berjalan dengan baik.

Perasaan was-was juga dialami PB PRSI. Sekjen PB PRSI Tony Sastramihardja mengakui jika penyelesaian venue aquatic memang masih jauh dari yang diharapkan. Karena itu rencana test event pada 5 Oktober pun mesti dibatalkan. Bahkan, dia meyakini jika venue aquatic baru akan siap digunakan (ready to use) pada awal November

"Kalau stadion utama mungkin bisa selesai akhir oktober. Tapi, fasilitas lainnya seperti jalan belum digarap dan masih rusak. Selain itu, masih banyak gundukan tanah dan sisa material di luar venue, kalau dengan merapikannya ya, paling siap semingu sebelum SEA Games mulai," ucap Tony.

5 Cara Untuk Membuat Tampilan Blog Kamu Tidak Terlupakan

Masalah terbesar pada Blog pada sekarang ini yaitu banyak dari mereka terlihat
menarik seperti yang lain jadi ini sulit untuk membedakan mereka dengan yang jelek, justru ini membuat mereka mudah sekali untuk dilupakan. Ketika kualitas dari kontent menjadi efek terbesar yang bisa selalu diingat orang lain, Tampilan blog juga bisa membuat atau memberikan pengalaman ketika mereka membaca konten blog kamu.
5 cara untuk membuat Tampilan Blog Kamu Tidak Terlupakan:

1.Patahkan “norma”
mematahkan norma maksudnya sesuatu yang umum yang sudah ada di daerah kamu dan melakukan sesuatu yang bisa mematahkan ini. Sebagai sebuah contohnya ambil skema warna yang sering digunakan di daerah kamu dan gunakanlah yang berbeda secara total. Ini membuat orang mencatat blog kamu.

2.Cari Perhatian pada area yang terlewati
Area yang terlewati yang justru dapat menimbulkan efek yang besar bagi pengalaman pembuat blog adalah tampilan Komentar dan Tampilan Bawah pada ‘Post’, Cari perhatian yang spesial untuk ini dan berikan waktu lebih dari biasanya agar bisa berbicara lebih dan biarkan ini yang menjelaskan.
3.Tingkatkan Fungsi dari tampilan Blog Kamu
Tampilan Blog bukan hanya kepingan dari seni untuk di perhatikan dan di kagumi, tapi juga ada beberapa yang pasti kamu bisa perhatikan. Sebuah tampilan blog lebih dari sekedar tampilan antara si-pembaca dan isi yang kamu punya di blog kamu.Langkah yang mudah dari pembuatan tampilan blog kamu lebih fungsional adalah menambahkan script atau plugin yang membuat tampilan blog kamu lebih baik. Dan jika kamu membuat sesuatu yang dicari dan dibutuhkan pembaca blog kamu,maka ini akan dicatat dan paling mudah diingat bagi pembaca blog kamu.
4.Ambil satu fitur design dan kerjakan ini
Pertama dari semua, kamu harus memberikan semua tampilan blog untuk sampai pada level dasar dari standar, Apa itu Level dasar dari standar? Pastikan ini berguna dan mudah untuk digunakan.Setelah itu, mulai ambil elemen tampilan blog yang paling penting dan pakai ini sejauh yang kamu bisa.Jelajahi sudut-sudut dari
elemen tampilan blog itu.Buat ini semenarik mungkin sejauh yang kamu bisa, semudah mungkin untuk digunakan,atau se-sederhana mungkin.Jadilah kreatif dengan ini,ada sebuah akhir yang bisa kamu lakukan dan membuat ini jauh lebih baik lagi.
5.Tampilan Blog Yang Unik
Sebuah tampilan blog yang unik yang disesuaikan kebutuhan.pesan,dan para pembaca Merindukan cara pemikiran kamu dan menjadikannya bagian dari cara terbaik yang lainnya.Tidak hanya harus berbicara secara profesional, tapi ini juga menunjukkan komitmen pada blog kamu ketika kamu menghabiskan banyak waktu dan juga uang untuk ini.

Kesimpulan
Ingat. jangan lakukan sesuatu yang beda jika hanya bertujuan untuk jadi
berbeda.Focus dalam Berpikir beda dalam tampilan blog kamu adalah cara yang positif. ini akan membuat tampilan blog kamu tidak terlupakan.


About Taylor Swift (barbie from USA)

* Nama Lahir: Taylor Alison Swift
    
* Tempat Lahir: Membaca, PA
    
* Tanggal Lahir / Zodiac Sign: 1989/12/13, Sagitarius
    
* Profesi: Negara-penyanyi musik; penulis laguTaylor Swift Singkat:

    
* Dibesarkan di sebuah pertanian pohon Natal di Pennsylvania.
    
* Nenek adalah seorang penyanyi opera profesional.
    
* Won kontes puisi nasional sementara di kelas 4.
    
* Mulai tampil di usia 10.
    
* Sang lagu kebangsaan di sebuah pertandingan NBA Philadelphia 76ers pada usia 11.
    
* Menjadi, pada 14, pencipta lagu staf termuda yang pernah disewa oleh Sony Pohon penerbitan di Nashville.
    
* Wrote atau co-menulis semua lagu di CD debut self-titled-nya.
    
* Pakaian favorit adalah gaun dan sepatu bot koboi.

    
* Taylor Swift Hubungan:
    
* Scott Swift - Bapa
    
* Andrea Swift - Ibu
    
* Austin Swift - Bruder
    
* Joe Jonas - Ex-penting lainnya
    
* Marjorie Finlay - Nenek
    
* Taylor Swift Awards:
    
* 2010 Pilihan Rakyat Awards: Favorite Female Artist - Pemenang
    
* 2009 Grammy: Best Female Vokal Negara Kinerja - Pemenang
    
* 2009 Grammy: Negara Terbaik Lagu - Pemenang
    
* 2009 Grammy: Negara Terbaik Album - Pemenang
    
* 2009 Grammy: Album of the Year - Pemenang
    
* CMT Music Awards 2009: Video of the Year - Pemenang
    
* CMT Music Awards 2009: Video Perempuan Tahun - Pemenang
    
* CMT Music Awards 2009: Wide Negara Open Video of the Year - Calon
    
* CMT Music Awards 2009: CMT Kinerja Tahun - Calon
    
* 2008 CMT Music Awards: Video of the Year - Pemenang
    
* 2008 CMT Music Awards: Video Perempuan Tahun - Pemenang
    
* 2007 CMT Music Awards: Terobosan Video of the Year - Pemenang
    
* 2010 CMT Music Awards: Video of the Year - Calon
    
* 2010 CMT Music Awards: Video Perempuan Tahun - Calon
    
* 2010 CMT Music Awards: Video Kolaborasi of the Year - Calon
    
* 2011 Rakyat Choice Awards: Artist Negara Favorit - Pemenang
    
* 2011 CMT Music Awards: Video of the Year - Pemenang
    
* 2011 CMT Music Awards: Video Perempuan Tahun - Calon
    
* 2011 CMT Music Awards: Best Web Video of the Year - Calon

11 Universitas Termegah diDunia


1. Orestad High School, Copenhagen
Jika melihat sekolah ini rasanya sangat sulit untuk tidak berangakat ke sekolah.




2. Nanyang University in Singapore
Universitas yang sangat menakjubkan dengan atap hijaunya..


 
3. Modern High School #9 in Central LA
Sekolah ini desainnya lebih mirip seperti museum seni…




 4. Gehry-Designed Stata Center at MIT
Bangunan ini di desain dengan kelas seperti rumah yang aneh…
Di sini juga di lengkapi dengan fasilitas penelitian, fasilitas kebugaran dan aula besar.

5. New York University’s Department of Philosophy Interior
Dirancang oleh Steven Holl Architects, interior yang direnovasi fitur dinding putih dan nampak kompleks dengan set tangga rata berlubang dengan pola cahaya yang menarik di sekitar gedung. Efek cahaya bisa menyesuaikan dengan perubahan musim dan hari.



 6. Victorian College of the Arts School of Drama
Dirancang oleh Castles Stephenson + Turner Pty Ltd / Edmond & Corrigan.
Bangunan ini di desain berwarna sehingga jelas bahwa ini adalah tempat kreativitas.


 7. Arcadia University’s Grey Towers Castle
Universitas ini dulunya adalah sebuah kastil.
Kastil yang di bangun pada tahun 1893 ini di jadikan Universitas pada tahun 1929.




 8. Concrete and Glass Gateway Building at MICA
The Maryland Institute College of Art (MICA) telah lama dikenal karena campuran berbagai bangunan, dan yang terbaru adalah head-turner.
ada juga bangunan berbentuk drum dengan interior tanah halaman rumah lobby / galeri, teater, kafe, mes pelajar, dan studio.


9. Bold, Contemporary Metzo College in the Netherlands
The new Metzo College terletak di Doetinchem, sebuah kota di sebelah timur dari Belanda. Dirancang dengan banyak ruang terbuka di sekelilingnya yang berfungsi sebagai gedung sekolah kejuruan serta fasilitas olahraga umum.



10. Rafael Arozarena High School, La Orotava, Spain
Rafael Arozarena High School berada di dekat pusat kota bersejarah dari La Orotava, Spanyol dan Dirancang oleh AMP Arquitectos.



11. Bikuben Student Residence, University of Copenhagen
Disebut sebagai ‘student residence of the future’.
Tentunya tidak seperti ruang tempat tinggal siswa yang lain, Beton, logam dan kaca jendela yang membuat semacam efek ekawarna yang terang.
Di dalam bangunan, ruangan umum dan kamar terhubung.



  

Beberapa SMA terbaik se-Indonesia

1. SMA 2 Temanggung
2. SMA Regina Pacis Surakarta
3. SMA 1 Padang
4. SMA 1 Magelang
5. SMA 3 Surakarta
6. SMA Labschool Rawamangun
7. SMA 1 Tasikmalaya
8. SMA 1 Purwakarta
9. SMA 1 Garut
10.SMA 81 Jakarta
11.SMA 1 Kediri
12.SMA 1 Sooko
13.SMA 2 Mojokerto
14.SMA 1 Pamekasan
15.SMA 3 Bandung
16.SMA 3 Malang
17.SMA 3 Yogyakarta
18.SMA 3 Semarang
19.SMA Plus Riau
20.SMA 4 Denpasar
21.SMA 4 Kendari
22.SMA 5 Mataram NTB
23.SMA 5 Surabaya
24.SMA 5 Bandung
25.SMA 1 Denpasar
26.SMA 1 Purwokerto
27.SMA 1 Samarinda
28.SMA 1 Bogor
29.SMA Al Azhar BSD
30.SMA Taruna Nusantara
31.SMA Al Azhar Kelapa Gading
32.SMA 1 Boyolangu (Jatim)
33.SMA 1 Way Jepara
34.SMA Santo Petrus Kalbar
35.SMA 2 Tinggimoncong, Gowa (Sul-Sel)

Manfaat Majalah Dinding


Majalah dinding atau yang biasa diakronimkan menjadi mading adalah salah satu jenis media komunikasi massa tulis yang paling sederhana. Disebut majalah dinding karena prinsip dasar majalah terasa dominan di dalamnya, sementara itu penyajiannya biasanya dipampang pada dinding atau yang sejenisnya.
Prinsip majalah tercermin lewat penyajiannya, baik yang berwujud tulisan, gambar, atau kombinasi dari keduanya. Dengan prinsip dasar bentuk kolom-kolom, bermacam-macam hasil karya, seperti lukisan, vinyet, teka-teki silang, karikatur, cerita bergambar, dan sejenisnya disusun secara variatif. Semua materi itu disusun secara harmonis sehingga keseluruhan perwajahan mading tampak menarik.
Bentuk fisik mading biasanya berwujud lembaran tripleks, karton, atau bahan lain dengan ukuran yang beraneka ragam. Ukuran yang tergolong relatif besar adalah 120 cm x 240 cm, sedang yang lebih kecil lagi disesuaikan dengan situasi dan kondisinya.
Mading memiliki banyak manfaat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Media Komunikasi
    Mading adalah media komunikasi termurah untuk menciptakan komunikasi antarpihak dalam lingkup tertentu. Mading yang dipasang di balai RW, halaman kantor desa, gereja, masjid, sekolah, atau di fakultas tertentu membuktikan bahwa pemasangan dengan cara itu membuat komunikasi dapat dijalin dengan praktis. Dikatakan paling praktis mengingat bahan dan volume tulisan dapat diatur secara elastis, disesuaikan dengan tema dan keperluan yang aktual. Bila sebuah desa sedang menghadapi lomba desa, sangat mungkin mading yang ada di kantor desa dan balai RW akan berbicara tentang topik lomba desa. Demikian juga kalau hari Natal tiba, semua aktivitas yang menyangkut gerejani akan diuraikan lebih banyak. Begitu pula bila umat Islam tengah berlebaran. Permasalahan yang menyangkut Lebaran akan lebih mendapat prioritas dalam pemuatannya. Sama halnya bila hari Kebangkitan Nasional sudah dekat, pasti mading dari SD sampai Perguruan Tinggi berbicara tentang Budi Oetomo, Ki Hajar Dewantoro, tokoh-tokoh pendidikan, dan bermacam tema yang tercakup dalam dunia pendidikan.
    Dengan adanya mading, bermacam informasi dapat disampaikan secara mudah ke seluruh wilayah sesuai dengan lingkup yang direncanakan. Dengan membaca mading, banyak hal yang semula tidak diketahui akhirnya menjadi perbendaharaan pengetahuan, baik yang bersifat praktis maupun yang perlu perenungan.
  2. Wadah Kreativitas
    Pada umumnya kegiatan anak muda tidak pernah sepi dari kreativitas, misalnya olahraga, olah seni, keterampilan, permainan, dan tidak ketinggalan pula aktivitas ekspresi tulis. Lewat karya tulis akan tersalurkan dua macam manfaat yang bersifat timbal balik. Dari sisi penulis, majalah dinding adalah tempat untuk mencurahkan bermacam ide. Beragam gagasan, pikiran, daya cipta, bahkan fantasi yang mengiringi perkembangan jiwanya perlu penyaluran dan media untuk menuangkannya. Maka tepatlah apabila mading digunakan sebagai wadah curahan kreativitas kawula muda karena didukung oleh sifatnya yang mudah dilaksanakan dengan biaya yang murah.
    Dari sisi lain, pembaca akan mendapatkan penyaluran yang berkaitan dengan keinginan, cita-cita, kecintaan, kerinduan, keprihatinan, dan berbagai pikiran lain yang tidak dapat disalurkannya sendiri. Dengan membaca tulisan-tulisan teman atau orang lain, terlepaslah ia dari berbagai gejolak yang ada dalam dirinya. Mading dapat menjadi tuangan aspirasi diri bagi pembaca yang telah dituliskan orang lain, dan menjadi sarana bersama penulisnya untuk berpendapat tentang sesuatu, berkeinginan, berkomentar, berolok-olok, mengkritik, serta masih banyak lagi yang lain.
    Sebagai anak muda yang peka terhadap sekelilingnya, dengan melihat fakta bahwa dalam hidup ini selalu saja timbul persoalan, maka mading akan menjadi dorongan untuk melahirkan tulisan guna melepaskan atau
    menumpahkan segala macam gagasan dan pikirannya.
  3. Menanamkan Kebiasaan Membaca
    Dunia akan menjadi luas bila kita senang membaca. Untuk itu, kegemaran membaca harus ditanamkan. Dalam hal ini mading punya andil yang besar. Mading dapat tampil setiap saat tanpa dihadang oleh sejumlah kesulitan. Mading dapat diterbitkan oleh siapa saja dalam jangka waktu yang relatif bebas tergantung animo pembaca. Kalau pembacanya menghendaki, mading dapat ditampilkan setiap hari dengan materi tulisan yang bersifat aktual sesuai lingkungan. Apabila minat baca dan atensi menulis masyarakat sedang-sedang saja, mading dapat diganti tiap bulan atau tiap-tiap minggu.
  4. Pengisi Waktu
    Banyak kawula muda tidak dapat mengisi waktu luangnya dengan baik. Kelebihan energinya dibuang percuma. Entah bercakap-cakap di tepi-tepi jalan, merokok, minum, membentuk "geng", mencoret-coretkan identitas "kelompoknya" dengan cat semprot (baca:pilok) di sembarang tempat, dan masih banyak lagi yang lain. Semua itu sebenarnya dapat ditangguhkan dengan membaca mading, kemudian aktif menulis. Apabila kelebihan tenaga yang diboroskan itu digunakan untuk menulis dalam lembaran mading, tentu akan banyak bermanfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan jiwanya. Di samping itu, tentu juga bermanfaat bagi pihak lain.
  5. Melatih Kecerdasan Berpikir
    Membaca mading akan membangkitkan gairah untuk mencari bacaan lain lewat "umpan" yang disajikan dalam mading. Sangat mungkin sajian-sajian mading itu belum sepenuhnya memenuhi selera pembacanya. Hal ini akan menjadikan mading berperan sebagai perangsang bagi pembacanya untuk mencari bahan bacaan lain yang lebih lengkap.
    Kebiasaan membaca akan menambah pengetahuan pembaca dalam berbagai bidang. Semakin banyak membaca, pengetahuan siapa pun akan bertambah.
    Secara tidak langsung hal itu akan menjadi pendorong bertambahnya kecerdasan. Dengan demikian, jelaslah bahwa mading menjadi "terminal awal" yang dapat menjembatani lahirnya pengetahuan, ketangkasan berpikir, dan terbentuknya kecerdasan.
  6. Melatih Berorganisasi
    Menghadirkan selembar mading berarti mengorganisasikan sekelompok orang. Mading menuntun semua yang terlibat di dalamnya untuk berorganisasi. Mading adalah perwujudan kerja tim atau kerja kelompok yang perlu saling mematuhi kesepakatan, aturan yang telah ditetapkan, kedisiplinan diri, dan kesungguhan bekerja. Dengan menyiapkan mading, secara otomatis siapa saja akan menghayati arti organisasi dan langsung terkait dengan aktivitas di dalamnya.
    Mading akan membiasakan para penyelenggaranya menyiapkan perencanaan-perencanaan yang matang dalam tubuh organisasi sekelompok orang yang
    menjalin kerjasama antarbagian. Lewat kondisi yang demikian, maka secara langsung atau tidak mading menempatkan kekompakan kerja sebagai
    modal dasar setiap tumbuhnya organisasi.
  7. Mendorong Latihan Menulis
    Berdasarkan pengalaman, banyak penulis yang menggunakan media mading sebagai wahana berlatih. Berawal dari senang menulis hal-hal yang sederhana, tidak mustahil seseorang menjadi terbuka wawasannya untuk lebih mengembangkan kesenangannya dalam bidang kepenulisan secara lebih profesional.